Custom Search

Judul

Selamat Datang Di Blog Pengetahuan Mengagumkan

Minggu, 29 April 2012

Cerita Motivasi : Menembus KETERBATASAN


Cerita Motivasi : Menembus KETERBATASAN

Kutu anjing adalah binatang yang mampu melompak 300 kali tinggi tubuhnya. Namun, apa yang terjadi bila ia di masukkan ke dalam kotak korek api kosong lalu di biarkan disana selama satu hingga dua minggu? Hasilnya kutu itu hanya mampu melompat setinggi kotak korek api saja!

Kemampuannya melompat 300 kali tinggi tubuhnya tiba tiba hilang. Ini yang terjadi ketika kutu itu berada di dalam kotak, ia mencoba melompat tinggi tapi ia terbentur dinding kotak. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sehingga ia mulai ragu akan kemampuannya sendiri. Ia mulai berpikir, "sepertinya kemampuan saya melompat memang hanya segini." Kemudian loncatannya pun disesuaikan dengan kotak korek api. Aman. Dia tidak membentur. Saat itulah dia menjadi amat yakin, "nah benar kan? kemampuan saya memang cuma segini. inilah saya!"

Ketika kutu itu di keluarkan dari kotak korek api, dia masih terus merasa bahwa kemampuan lompatannya hanya setinggi kotak korek api.

Sang kutu pun hidup seperti itu hingga akhir hayat. Kemampuan yang sesungguhnya tidak tampak. Kehidupannya telah di batasi oleh lingkungan.

KESIMPULAN :

Sesungguhnya dalam diri kita pun juga banyak kotak korek api. Misalnya memiliki atasan yang tidak mempunyai kepemimpinan memadai. Dia tipe yang takut tersaingi sehingga dia menghambat perkembangan karir anda.

Ketika anda mencoba melompat tinggi, dia tidak pernah memuji, bahkan justru tersinggung. Dia adalah contoh kotak korek api yang bisa mengkerdilkan anda. Teman juga bisa menjadi kotak korek api. Coba ingat, ketika mereka bicara begini "ngapain sih kamu kerja keras seperti itu, toh kamu juga gak bakalan dipromosikan kok."
Ingatlah, mereka adalah kotak korek api. Mereka bisa menghambat potensi anda.

Kotak korek api juga bisa terbentuk karena kondisi tubuh yang kurang sempurna, tingkat pendidikan yang rendah, kemiskinan, dan sebagaiannya.

Bila semua menjadi kotak korek api maka kemampuan anda yang sesungguhnya tidak tercermin dalam aktivitas sehari hari.

Bila potensi yang sesungguhnya ingin muncul, anda harus take action untuk menembus kotak korek api tersebut.

Lihatlah, anda pasti kenal Helen Keller. Dengan mata yang buta, tuli, dan gagu, dia mampu lulus dari Harvard University.

Bill Gates tidak menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun mampu menjadi "raja" komputer.

Andre Wongso, tidak menamatkan sekolah dasar namun mampu menjadi motivator nomor satu di indonesia. Contoh lain Meneg BUMN, Bapak Sugiharto, yang pernah menjadi pengasong, tukang parkir, dan kuli di pelabuhan. Begitu pula dengan Nelson Mandela ia menjadi presiden Afrika Selatan setelah usianya lewat 65 tahun.
Kolonel Sanders sukses membangun KFC ketika usianya sudah lebih dari 62 tahun.

Orang orang seperti Helen Keller, Andre Wongso, Sugiharto, Bill Gates, dan Nelson mandela adalah contoh orang yang mampu menembus kungkungan kotak korek api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Terima kasih.